Gratis Ongkir ke Seluruh Indonesia

Manfaat Mengendarai Sepeda Tanpa Pedal dan Rem Bagi Anak-Anak

May 17, 2019

Anak-anak memiliki cara yang menyenangkan ketika belajar mengendarai sepeda. Mereka melatih keseimbangan dengan melajukan sepeda sekencang-kencangnya dan mengendalikannya dengan kaki. Namun, para orang tua sering begitu khawatir anak-anaknya akan terjatuh dan terluka. Sehingga sering berteriak kepada anak-anak untuk berhati-hati dan menyuruh untuk menekan rem ketika sepeda dinilai terlalu cepat.

Begitulah faktanya, orang tua dihantui rasa takut yang berlebihan. Padahal, anak-anak mempunyai cara sendiri dengan menggunakan kedua kaki mereka sebagai pengontrol dan penyeimbang tubuh yang alami. Setelah anak-anak merasa mampu menjaga keseimbangan, lalu mencoba untuk mengayuh pedal dan menggunakan rem untuk berhenti secara bersamaan.

Jadi, jangan terlalu khawatir dan membuat anak-anak terbebani dengan harus menggunakan pedal dan rem. Mereka  tinggal menggerakkan dan meletakkan kaki mereka di tanah. Mengerem sepeda pun dengan sangat mudah dengan cara meletakkan kaki kembali ke tanah dan kecepatan pun berkurang.

Cara paling menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar mengendarai sepeda dengan menggunakan balance bike. Sebagai sepeda tanpa pedal dan rem yang bermanfaat melatih keseimbangan dan mengendalikannya secara alami hanya dengan kedua kaki mereka. Berikut manfaat balance bike bagi anak-anak.

Balance Bike Melatih Keseimbangan Tubuh dengan Lebih Efektif

Keterampilan terpenting yang diperlukan untuk menaiki sepeda secara efektif dan aman adalah keseimbangan. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang menggunakan sepeda selama 20-30 menit dalam dua kali seminggu menunjukkan peningkatan yang signifikan mengatur keseimbangan secara dinamis. Saat menggunakan balance bike, seorang anak akan merasakan ketidakstabilan pada awalnya, namun secara naluri menggunakan kakinya sebagai alat kontrol untuk menciptakan rasa aman.

Anak Dapat Mengendarai Sepeda Pedal Lebih Cepat

Balance bike membuat anak-anak bisa beralih menggunakan sepeda pedal dengan lebih cepat. Setelah merasa aman melatih keseimbangan  dengan efektif, anak hanya perlu mempelajari cara mengayuh pedal sepeda. Transisi seorang anak yang sudah bisa mengendarai balance bike akan lebih mudah dan lebih cepat ke sepeda pedal. Orang tua tidak perlu ikut berlari bersama anak atau memegang sepeda mereka. Biarkan anak berupaya untuk mempelajari sepedanya secara mandiri.

Memberi anak Anda tingkat Kemandirian yang Tinggi

Sepeda tanpa rem dan pedal memberi anak-anak kebebeasan dalam menggunakan sepeda, karena dapat bergerak tanpa rasa canggung dan stabil. Anak-anak merasa senang bisa mengendarai sepeda sendiri dan merasa mandiri. Anak –anak mengetahui bahwa dapat mengontrol laju lambat atau cepat seiring kemampuan untuk menghentikan sepeda secara cepat.

Balance bike membuat anak-anak mengendarai sepeda dengan nyaman. Anak mampu mengontrol sepeda ketika merasa tidak seimbang atau mau terjatuh dengan menggunakan kaki mereka. Anak-anak mempelajari keterampilan keseimbangan, mengatur kecepatan, dan mengontrol sepeda. Mereka menggunakan sepeda dengan hati-hati, memiliki rasa percaya diri, dan lebih antusias bermain sepeda.




Leave a comment

Comments will be approved before showing up.